Langkah Awal Dalam Belajar Photoshop Bagi Pemula Lengkap



Hai sobat, Nah, untuk kalian yang mungkin agak bingung bagaimana urutan tepat dalam belajar photoshop pemula, dalam artikel ini saya akan berbagi tips cara belajar photoshop yang tepat mulai dari dasar-dasarnya dan apa saja yang harus kalian pahami saat baru ingin belajar photoshop. 


Dan, berikut ini adalah urutan tepat dalam belajar photoshop bagi pemula menurut saya atau lebih tepatnya pemula yang baru mengenal Adobe Photoshop.

Kenali Bagian Ruang Kerja Photoshop
Langkah awal dalam belajar photoshop adalah kenali dan pelajari terlebih dahulu bagian-bagian pada ruang kerja photoshop seperti menu bar, option bar dan bagian-bagian lainnya. Dan berikut adalah penjelasan dari bagian-bagian ruang kerja di photoshop.

Halaman Kerja, tempat untuk melakukan proses editing gambar.
Menu Bar, Bagian photoshop yang memiliki banyak menu dan berguna untuk membuat perintah (seperi New, Open, Save, dan lain sebagainya)
Tool Bar, atau dikenal juga Tools Box adalah sebuah bar yang berisi berbagai macam tools dalam melakukan editing.
Option Bar, pengaturan lanjutan pada tool yang digunakan.
Panel atau Palette, sebuah panel yang memiliki kegunaan masing-masing (Navigation, Color, History, Layer, dan lain-lain).

Pelajari Kegunaan Layer
Layer sendiri adalah sebuah lapisan-lapisan dalam editing gambar (jadi tiap objek ada layer-layernya, untuk mempermudah editing). Nah, dalam mempelajari layer ini sobat harus mempelajari fungsi-fungsi yang ada di panel layer maupun menu layer seperti seperti membuat layer baru, jenis layer, dan lain sebagainya.

Pelajari Fungsi Tool
seperti yang kita ketahui bersama bahwa tools adalah bagian penting dalam photoshop. Karena, semua proses editing yang kita lakukan di photoshop pasti menggunakan tool. 
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis tool dan fungsinya.
Selection Tools, berfungsi untuk melakukan seleksi pada objek di sebuah gambar (Lasso Tool, Magic Wand Tool, dan lain sebagainya)
Crop And Slice Tools, berfungsi untuk memotong objek.

selengkapnya : Reset Pengaturan Photoshop Ke Default
Annotation, Measuring dan Navigation Tools, berfungsi untuk memberi catatan, mengukur dan fungsi navigasi (Ruler Tool, Note Tool dan lain sebagainya)
Painting Tool, berfungsi untuk memberikan warna pada sebuah objek atau gambar (Paint Bucket, Gradient, Brush Tool dan lain sebagainya)
Drawing And Type Tool, berfungsi untuk menggambar dan menambah tulisan pada gambar (Pen Tool, Type Tool, dan lain sebagainya)
Retouching Tools, berfungsi untuk memperhalus, mengedit dan retouching pada foto (Smudge Tool, Blur Tool, dan lain sebagainya)

Lakukan Editing Sederhana
Nah, jika sekiranya sobat sudah mempelajari hal-hal diatas dan sudah paham fungsi dari masing-masing tools, menu dan panel. Maka, silakan sobat buat sebuah karya editing sederhana, seperti membuat pas foto, membuat efek teks, dan lain sebagainya.
Jika sobat memiliki pendapat lain mengenai urutan tepat dalam belajar photoshop, bisa silakan berkomentar saja ya melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Terima kasih telah membaca dan semoga tips ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

0 Response to "Langkah Awal Dalam Belajar Photoshop Bagi Pemula Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel