10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Lengkap


Setiap masyarakat akan mengalami perubahan sosial, meskipun waktu dan ukuran perubahan antar masyarakat satu dengan yang lainnya berbeda. Sebagai contoh, masyarakat modern akan lebih cepat dan mudah melakukan perubahan sosial daripada masyarakat tradisional. Apa saja perubahan sosial tersebut?  Berikut ini adalah beberapa pakar mengemukakan tentang pengertian perubahan sosial


10 Pengertian struktur sosial menurut pendapat para ahli sosiologi

selo soemardjan
perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku kelompok-kelompok dalam masyarakat.

William F. Ogburn
Perubahan sosial terjadi ketika unsur materiel memberi pengaruh pada unsur materiel, misalnya penggunaan teknologi mesin dalam proses industrialisasi. Penemuan teknologi mesin dalam industrialisasi merupakan bentuk materiel. Sementara itu, bentuk imateriel Iebih menekankan pada perubahan sikap akibat keberadaan penemuan baru atau pengaruh materiel.
Perkembangan teknologi mesin di bidang industrialisasi mengakibatkan sistem pembagian kerja mulai diminimalisasi karena sebagian besar tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin. Kondisi itu dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu pengangguran yang muncul akibat keterbatasan lapangan pekerjaan.

Mac Iver Dalam bukunya Society A Textbook of Sosiology (1937)
Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan (sosial relation) atau perubahn terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

John Luwis Gillin dan John Philip Gillin dalam bukunya Cultural Antropology
Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi goegrafis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyarakat tersebut.

Samuel Koening
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun eksteren.

Selengkapnya : 10 Pengertian struktur sosial menurut pendapat para ahli sosiologi

Kingsley Davis
Perubahan sosial terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Struktur sosial mencakup lembaga sosial, kelompok sosial, norma-norma sosial, dan stratifikasi sosial. Tiap-tiap struktur memiliki fungsi dalam masyarakat.

Robert Mac Iver
Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

Samuel Koenig
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.

 J.P. Gillin dan J.L. Gillin
Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, dan ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuanpenemuan baru dalam masyarakat.

Hans Garth dan C. Wright Mills
Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi (baik itu kemunculan, perkembangan ataupun kemunduran), dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi struktur sosial.



0 Response to "10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel