Reset Pengaturan Photoshop Ke Default

Pada saat kita menggunakan Adobe Photoshop, tidak sengaja mengotak-atik berbagai pengaturan. Atau mungkin terjadi hal yang tidak kita inginkan, seperti eror pada suatu tools, panel, dan lainnya. Namun, ternyata kita lupa atau mungkin tidak tau bagaimana caranya untuk reset pengaturan photoshop tersebut menjadi seperti semula.

Nah, jika sobat mengalami kesulitan/masalah seperti diatas, sobat bisa simak artikel ini karena pada artikel kali ini saya akan memberikan tips atau lebih tepatnya adalah solusi untuk mengembalikan pengaturan photoshop menjadi kembali seperti semula atau seperti saat kita pertama kali menginstall photoshop.

 
Photoshop CC
Cara yang pertama ini adalah untuk Adobe Photoshop CC, adapun caranya adalah mereset seluruh preferences pada photoshop. Berikut adalah tutorialnya.
  1. Buka Edit->Preferences->General atau bisa juga gunakan shortcut Ctrl+K   untuk lebih mempermudah
  2. Setelah itu, cari Reset Preferences on Quit. Silakan klik tombol tersebut.
  3. Jika sudah, silakan klik OK.
  4. Silakan restart atau muat ulang kembali photoshop sobat.

Jika sobat sudah melakukan keempat langkah diatas, silakan buka photoshop sobat dan pengaturan pada photoshop sobat sudah kembali seperti semula, yakni seperti saat pertama kali menginstall photoshop.
 

Photoshop CS
Untuk yang selanjutnya adalah cara mengembalikan pengaturan photoshop CS kembali seperti semula. Sebelum itu, silakan coba terlebih dahulu cara diatas. Jika ada pengaturan Reset Preferences on Quit, maka bisa langsung saja ikuti cara pertama. Nah, jika tidak ada pengaturan Reset Prefences on Quit maka bisa ikuti cara yang kedua ini.

  1. Buka File Explorer, kemudian masuk ke C:\Users\username\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6\Adobe Photoshop CS6 Settings.
  2. Kemudian pada folder tersebut, silakan cari file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp.
  3. Silakan hapus file tersebut.

Jika sudah melakukan ketiga langkah diatas, silakan buka photoshop sobat. Dan yap, sama seperti cara pertama tadi, sobat telah berhasil reset pengaturan photoshop nya menjadi default atau seperti semula.
Oke, itu tadi adalah dua cara untuk reset pengaturan photoshop sobat menjadi default. Cukup mudah bukan? Jika masih ada yang belum berhasil, atau mungkin ada yang ingin ditanyakan bisa langsung saja bertanya ya melalui kolom komentar dibawah artikel ini. SemangArt!



Sumber : 
https://mahirphotoshop.com

2 Responses to "Reset Pengaturan Photoshop Ke Default"

  1. Makasih om admin, infonya sangat bermanfaat, kebetulan photoshop saya memang perlu di reset workspacenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat, terima kasih sudah mampir.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel